Sabtu, 16 Oktober 2004

Terbaru Ligina; Kompetisi Terlama Di Dunia

Kompetisi Ligina musim ini, merupakan kompetisi Ligina yang terpanjang sepanjang sejarah. Sebab, berlangsung hampir 12 bulan penuh. Yakni berawal Januari dan berakhir Desember.

Bukan itu saja, soal liburnya pun dapat menjadi libur yang amat panjang. Bisa-bisa libur kompetisi kali ini tidak akan terkalahkan sepanjang kompetisi berlangsung. Karena itulah, Iwan menyampaikan sangat masuk akal bila kemudian soal keungan sebuah tim, menyerupai Persik, jadi ikut terpengaruh. Apalagi, demam isu penonton pada musim ini tidak terlalu bagus. Beberapa kali pertandingan Persik ditonton lebih sedikit orang dibanding musim lalu. Karena itu pemasukan pun jadi ikut berkurang.

Iwan kemudian membandingkan, dinegara-negara eropa misalnya, tidak ada musim kompetisi yang sangat panjang dan demam isu penonton yang amat bagus. Sehingga masuk akal jikalau keuangan mereka relatif lebih stabil.

Meski demikian, Iwan sama sekali tidak menyesalkan masalah tersebut. Dikatakannya, jauh-jauh hari sebelum klub menjalani masa libur panjang, pihak PSSI telah mengumpulkan semua klub untuk mensosialisasikan masalah tersebut.

Saat itu semua harus memaklumi kalau kompotisi harus tertunda. Pasalnya, tidak ada pilihan lain selain menyesuaikan dua agnda besar masyarakat Indonesia, yaitu libur pemilu dan bulan suci. "Kita semua memaklumi penundaan kompotisi ini," ungkapnya.

Lalu, dari mana dana untuk menutup pembengkakan tersebut? Soal perolehan dana itu, Iwan enggan berkomentar. Menurutnya, masalah anggaran yakni sepenuhnya kewenangan ketua umum Persik, yaitu Maschut. Iwan sendiri mengaku tidak tahu, apakah dana tersebut dari sponsor ataupun lainnya. "Semuanya kewenangan ketua umum, saya hanya menjalankan saja," tandasnya. (lud)

Kompetisi Ligina X
Pertandingan Pertama : 4 Januari 2004
Pertandingan Terakhir : 23 Desember 2004
Jeda Pilpres I: 1 Juni - 7 Juli 2004
Jeda TC Timnas PSSI: 1-8 September 2004
Jeda Pilpres II: 20 Agustus - 22 September 2004
Jeda Puasa : 13 Oktober - 15 November 2004
Jeda TC dan Piala Tiger: 2-15 Desember 2004

Sumber: Jawapos