Senin, 11 Oktober 2004

Terbaru Libur Setengah Bulan

Jacksen Pulang Kampung
SURABAYA - Kemenangan 3-2 atas PSPS Pekanbaru Sabtu (9/10) lalu, menciptakan para pemain Persebaya menerima ’hadiah’. Mursyid Effendi dkk menerima jatah libur cukup panjang.

Total, 15 hari pemain akan terbebas dari rutinitas latihan pagi dan sore hari jawaban kemenangan yang membawa Persebaya ke pucuk klasemen Ligapro X itu.

"Latihan gres dimulai 25 Oktober mendatang. Sepanjang itu, kami berharap pemain sanggup menikmati posisi capolista yang sudah ditunggu cukup lama," kata instruktur Persebaya Surabaya Jacksen F Tiago kepada wartawan koran ini kemarin.

Selama libur, demikian Jacksen, pemain tidak menerima beban atau paket latihan. Semua pemain bebas melaksanakan agenda masing-masing. "Kami hanya meminta pemain tetap menjaga kondisi. Karena pada awal latihan nanti, mereka akan kembali menerima sajian latihan fisik," ujarnya.

Dia misalnya, besok pukul 19.00 WIB, menentukan pulang ke Brazil, negara asalnya. Selama liburan, ia akan memanfaatkan sebaik mungkin untuk berkumpul bersama keluarga. Dan sedikit menimba ilmu kepelatihan di negara asalnya. Bila tidak aral, ia akan mengikuti acara bersama mantan klubnya Madureira.

Dan, gres akan kembali ke Indonesia pada 30 Oktober. Lho kok? "Memang saya gres menukangi tim lima hari sehabis pemain melaksanakan latihan. Dan selama waktu itu, pemain akan didampingi ajun instruktur Ibnu Graham dan Stefano Cogura," jelasnya.

Sebagai panduan, Jacksen mengaku sudah memperlihatkan draf latihan kepada ajun pelatih. Mulai dari latihan harian, hingga penilaian sebelum balasannya ia kembali menukangi tim. "Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan," jelasnya.

Terkait dengan ibadah puasa, Jacksen mengaku akan merubah agenda latihan. Bila biasanya, latihan digelar pada pagi dan sore hari, maka khusus di bulan puasa, latihan akan digeser menjadi malam hari. Tepatnya, sehabis pemain selesai menunaikan ibadah puasa. Setelah itu, pemain akan kembali menerima jatah liburan Hari Raya Idul Fitri, sebelum balasannya berkumpul lagi 16 November. (ruf)

Sumber: Jawapos