Jumat, 16 Maret 2018

Info Pengertian Skimming & Tips Menghindari Skimming Kartu Atm Bank

Tips Menghindari Skimming Kartu ATM Bank Info Pengertian Skimming & Tips Menghindari Skimming Kartu ATM Bank
Pengertian Skimming & Tips Menghindari Skimming Kartu ATM Bank.

Skimming ialah kejahatan dengan meniru gosip dalam pita magnetik yang terdapat pada kartu atau debit maupun Automated Teller Machine (ATM) secara ilegal. 

Skimming ialah pencurian data nasabah melalui kartu ATM. Skimming ialah pencurian gosip menyerupai nomor PIN dan akun nasabah melalui mesin ATM.

Kasus skimming kartu ATM menjadi hot issue dalam sepekan terakhir , semenjak ribuan nasabah PT. Bank Mandiri Tbk dan BRI menjadi korban.

Menurut pakar keamanan, Robert Siciliano, skimming bukan lagi hal gres dikarenakan telah ada semenjak 10 tahun yang lalu. 

Hal yang berubah ialah teknologi yang dipakai penjahat menjadi lebih baik setiap tahunnya. Karena itu konsumen diimbau untuk selalu berhati-hati.

Pada dasarnya, pelaku skimming ATM memakai dua perangkat untuk mengetahui PIN dan data kartu. Satu perangkat diletakkan di bersahabat Anda memasukkan kartu ATM, kemudian membaca garis magnetik dan nomor akun. Selain itu biasanya juga terdapat kamera tersembunyi untuk mengetahui PIN.

"Penjahat sanggup mendapat data secara real time. Mereka sanggup saja berada di dalam kendaraan beroda empat dengan laptop untuk mengakses perangkat tersebut," terang Siciliano.

Skimming ATM ini tentu merugikan para nasabah. Jika tidak ingin menjadi salah satu korban, coba ikuti tips ini sebagaimana dilansir laman Bankrate, Rabu (14/5/2014).

Tips Menghindari Skimming Kartu ATM Bank

1. Hati-hati dikala menekan PIN

Meski tidak ada orang lain dikala berada di ATM, Anda tetap harus selalu waspada. Kamera tersembunyi sanggup saja sedang memantau aktivitas, termasuk mengetahui password Anda.

Karena itu, dikala menekan PIN ATM, Anda harus menutupnya dengan tangan. Hal ini sanggup mencegah pencuri mengetahui PIN Anda.

2. Perhatikan lokasi ATM

Hindari memakai ATM di kawasan redup dan malam hari. Hindari ATM di toko-toko ritel atau restoran, hal ini alasannya perangkat skimming pernah ditemukan di ATM yang berada di sebuah toko terkenal di Florida.

Selain itu, ATM di bandara juga rentan terhadap agresi pencurian. ATM yang berada di luar Bank juga menjadi sasaran pencuri. Sebaiknya juga jangan terlalu sering ke ATM. "Semakin sering ke ATM, maka akan ada resiko," kata Siciliano.

3. Periksa saldo rekening secara teratur

Anda harus menyidik saldo rekening secara teratur. Dengan begitu Anda sanggup segera mengetahui jikalau ada transaksi penarikan uang yang aneh. 

Pengguna kartu kredit biasanya lebih gampang mengetahui bahwa telah menjadi korban kejahatan. Karena tagihan kartu kredit biasanya selalu dikirimkan secara teratur.

4. Perhatikan kondisi ATM

Anda harus memperhatikan dengan seksama ATM untuk memastikan keaslian slot kartu dan bukan tempelan. Terutama ketika sejumlah orang mencicipi ketaknormalan ketika memasukkan kartu ke ATM.

"Ini semua wacana kesadaran, memperhatikan, dan memahami resiko, alasannya semua ATM rentan terhadap penipuan," ungkap Siciliano.

Tips Menghindari Skimming Kartu ATM Bank Lainnya
  1. Berhati-hati dalam melaksanakan transaksi lewat ATM ketika menekan pin. Karena, pelaku kadang memasang kamera tersembunyi di mesin ATM untuk mengetahui password korban.
  2. Hindari memakai ATM di tempat yang redup atau sepi. Karena pelaku gampang memasang alat Skimming di tempat pengawasan yang lemah.
  3. Selalu menyidik saldo rekening secara teratur. Apabila, ada penarikan uang yang asing segera laporkan ke pihak Bank. 
  4. Jangan terlalu sering mengakses akun bank pribadi, jikalau terlalu sering maka semakin rentan dibobol. 
  5. Daftarkan di Bank setiap transaksi memakai dua jenis otentikasi.
Sumber: Merdeka / Liputan6