Senin, 13 Agustus 2018

Info Jangan Minum Kopi Usai Bangkit Tidur, Pagi Dan Malam Hari

Minum kopi usai bangun tidur di pagi hari menjadi gaya hidup Info Jangan Minum Kopi Usai Bangun Tidur, Pagi dan Malam Hari
Jangan Minum Kopi Usai Bangun Tidur, Pagi dan Malam Hari. Kapan waktu yang sempurna minum kopi?

Minum kopi usai bangun tidur di pagi hari menjadi gaya hidup. Istilah coffee morning mengindikasikn kebiasaan minum kopi pagi hari.

Ternyata, usai bagun tidur di pagi hari bukanlah waktu yang sempurna untuk minum kopi. Menurut para ilmuwan, ibarat dikutip Kompas, bangun tidur di pagi hari bukan ketika yang sempurna untuk secangkir kopi.

Alasannya, produksi kortisol badan berada pada kuantitas puncak. Mengonsumsi kafein ketika badan berada dalam kondisi kortisol tinggi akan menciptakan produksi kortisol menurun. Ini yang menyebabkan manfaat kafein tidak akan terasa sekaligus, melawan kortisol yang ada. 

Parahnya lagi, keadaan ini akan menyebarkan toleransi terhadap kopi atau malah menciptakan kita kecanduan kafein. 

Jadi, semoga manfaat kopi terasa, cobalah untuk menunggu satu jam sesudah bangun tidur sebelum menyeduh secangkir kopi. Waktu minum kopi terbaik antara pukul 13.00-17.00 dan sekitar pukul 18.30 WIB. Jam-jam tersebut dipercaya menjadi masa di mana hormon kortisol belum mencapai puncak produksi.

Menurut hebat gizi asal Australia, Lyndi Cohen, ibarat dikutip IDN Times, minum kopi pagi hari (morning coffee) dapat mengganggu toleransi badan terhadap kafein

Ada baiknya tahan diri semoga tak eksklusif minum kopi sesudah bangun tidur. Biasanya pukul 09.30 -11.30 menjadi waktu di mana kadar kortisol dalam badan menurun. Saat inilah kafein akan bekerja maksimal dengan membangkitkan rasa "awas" yang sudah mulai kendor.

Lyndi menyarankan semoga sesi minum kopinya berakhir sebelum jam makan siang dan maksimal pukul 14.00 WIB. Jika ingin tetap mengkonsumsi kafein, kita dapat mengganti kopi dengan teh.
Hindari pula minum kopi di malam hari. Efek kafein dalam badan dapat bertahan sampai 6 jam lamanya. Untuk itu, disarankan semoga berhenti mengkonsumsi kopi di sore hari semoga tak mengganggu kualitas tidur.

"Tiap orang punya toleransi berbeda terhadap kafein, tapi aku merekomendasikan pukul 14.00 yaitu waktu terakhir untuk minum kopi," tutur Lyndi.*