Kamis, 11 Agustus 2016

Info Cara Mengatasi Jebakan 'Siapa Yang Mengintip Facebook Kamu'

 atau jebakan masih merajalela di media umum Facebook Info Cara Mengatasi Jebakan 'Siapa yang Mengintip Facebook Kamu'
VIRUS , spyware, spambot, atau jebakan masih merajalela di media umum Facebook, termasuk jebakan ihwal "Siapa yang Mengintip Facebook Kamu".

Malware ini dapat muncul dalam komentar dengan goresan pena "Ingin tahu siapa yang mengintip Facebook kamu…”? 

Waspadalah! Itu virus dan dapat jadi merupakan spambot yang kemungkinan besar memakai situs siapalihat.com!

Dilansir CNN Indonesia, siapalihat.com sesungguhnya memakai teknik usang yang mengeksploitasi kelemahan dalam aplikasi Facebook, terutama HTC Sense.

Sebenarnya Facebook sudah mempersulit pengembang aplikasi untuk membajak akun Facebook korbannya dengan syarat pengguna harus 'secara sadar' memperlihatkan persetujuan kepada aplikasi untuk melaksanakan posting memakai akunnya dan segala macam peringatan dimunculkan sebelum memperlihatkan hak posting kepada aplikasi tersebut.

Menurut Alfons Tanujaya dari vaksin.com, dikala ini sudah banyak beredar postingan di status akun Facebook yang menuliskan kalimat siapa saja yang dapat melihat Facebook miliknya dan tidak lupa disertakan nama-namanya.

Diterangkannya, sesungguhnya itu pribadi dicomot dari friend list akun korban yang diklaim mengintip akun Facebook yang telah dikuasai spambot tersebut, biar calon korban lainnya percaya dan mengikuti apa yang diperintahkan oleh situs Siapalihat.com. 

"Sekali korbannya mengklik tautan yang diberikan, maka proses rekayasa sosial dimulai," katanya. Pengguna awam dapat terjebak. Spambot nantinya bisa melakukan posting masif di wall Facebook teman-teman korban.

Cara Membasmi 'Siapa yang Mengintip Facebook Kamu'

Cara membasmi spambot yang sudah terlanjur terjebak ini tak dapat serta merta hanya dengan mengganti password semata saja. Namun dengan cara menghapus aplikasi HTC Sense.
  1. Login ke akun Facebook Anda
  2. Buka alamat situs https://www.facebook.com/settings?tab=applications
  3. Arahkan mouse ke “HTC Sense” dan klik [X] untuk menghapus (remove) aplikasi ini. Anda akan mendapat konfirmasi
  4. Pastikan Anda menentukan centang “Delete all your HTC Sense activities including posts, photos and videos on Facebook. This may take few minutes” dan klik [Remove] untuk menghapus aplikasi HTC Sense dan membebaskan Anda dari eksploitasi bot ini.
  5. Kunjungi wall seluruh sahabat Anda dan hapus satu persatu posting yang dilakukan bot dan informasikan bagaimana cara menghapus bot pada sahabat yang terinfeksi.
  6. Kunjungi satu per satu notifikasi pada akun Facebook Anda. Jika ada posting bot, segera hapus dan informasikan kepada rekan anda biar tidak ikut tertipu.
Demikian Cara Mengatasi Jebakan 'Siapa yang Mengintip Facebook Kamu' yang belakangan marak di Facebook.*